RSS

Laporan Pelaksanaan Eksebisi dan Kompetesi Java Education Network Indonesia 1

28 Jun

Sasana Budaya Ganesha, Bandung

18 – 22 Juni 2012



  1. Latar Belakang

Kegiatan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Siswa SMK merupakan wahana untuk mengapresiasi kemampuan siswa SMK dalam berbagai bidang keahlian yang secara intensif dalam pelaksanaannya melibatkan dunia usaha dan industri yang menjadi rekanan SMK. LKS SMK merupakan program tahunan Dinas Pendidikan yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran di SMK, bertujuan untuk mencari siswa terbaik di kompetensi keahliannya masing-masing untuk mewakili Indonesia dalam World Skill Competition. Selain itu LKS juga digunakan sebagai salah satu cara untuk memotivasi semangat belajar siswa di Kompetensi Keahlian masing-masing sehingga dapat menjadi calon pekerja yang cerdas, adaptif, terampil, dan berstandar mutu yang ditetapkan dalam dunia kerja.

Dalam berbagai bidang yang dilombakan di dalam SMK, belum terdapat bidang lomba yang dapat memfasilitasi siswa dalam bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, yaitu bidang ilmu dimana para siswa mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Mengingat perkembangan teknologi yang menuntuk untuk tidak hanya menggunakan, tetapi juga bagaimana membuat perangkat lunak, bidang rekayasa perangkat lunak menjadi penting dan diperlukan sebuah kegiatan untuk mengukur kualitas siswa dalam bidang rekayasa perangkat lunak.

Java Education Network Indonesia (JENI) merupakan sebuah program pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang sudah diimplementasikan dan diajarkan di berbagai perguruan tinggi dan SMK yang memiliki bidang studi IT di Indonesia. Dalam rangkat memfasilitasi siswa bidang studi Rekayasa Perangkat Lunak, maka digunakanlah kurikulum JENI sebagai tolak ukur siswa dalam LKS.

Dalam rangka sosialisasi dan simulasi kompetisi JENI di LKS, maka diadakanlah kegiatan eksebisi dan kompetisi JENI di LKS Nasional XX di Sasana Budaya Ganesha Bandung.

  1. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah:

  • Simulasi kompetisi JENI bagi para peserta LKS Nasional
  • Sosialisasi JENI kepada para peserta LKS Nasional
  • Mencari bentuk kompetisi yang dapat digunakan saat pelaksanaan kompetisi JENI di LKS berikutnya
  • Melihat sekolah yang berpotensi sebagai koordinator pelaksana kompetisi JENI di tahun mendatang
  1. Jadwal Acara Kompetisi JENI
Waktu

Kegiatan

Hari 1
10.00 – 12.00 Registrasi, Briefing + arahan dari panitia
13.00 – 15.00 Test tulis (soal-soal JENI) (20% nilai total)
15.00 – 16.00 Pengembangan presentasi konsep awal
Hari 2
08.00 – 10.00 Presentasi konsep awal (20% nilai)
10.00 – 16.00 Pengembangan aplikasi
Hari 3
08.00 – 16.00 Pengembangan aplikasi
Hari 4
08.00 – 12.00 Pengembangan aplikasi
12.00 Batas akhir pengumpulan aplikasi
13.00 – 16.00 Demo akhir produk (60% nilai) dan eksebisi produk
Hari 5
08.00 – 12.00 Eksebisi produk dan Pengumuman pemenang
  1. Kriteria Penilaian Kompetisi JENI

Pelaksanaan mekanisme dan kriteria penilaian karya penelitian / pengembangan dijelaskan di bawah ini.

  1. Test tulis (20%)

    Pada tahap ini peserta akan diminta menjawab 20 soal mengenai OOP.

  2. Tahap penilaian proposal. (20%)

    Pada tahap ini peserta akan diminta untuk mengembangkan proposal dari aplikasi yang akan dikembangkan. Beberapa aspek yang dinilai pada tahap ini antara lain:

  • Keaslian ide.
  • Manfaat aplikasi
  • Deskripsi teknologi yang digunakan (API, engine, teknologi jaringan dan sebagainya).

  1. Tahap penilaian final dan eksibisi (60%)

    Pada tahap ini produk akhir dari peserta akan dinilai, beberapa aspek yang dinilai pada tahap ini antara lain:

  • Kesesuaian dengan proposal
  • UI (desain tampilan)
  • Fitur dan Usability (Aplikasi dapat digunakan dengan baik, digunakan berungkali)
  • Interaksi Pengguna (aplikasi mudah dimengerti dan mudah digunakan)
  • Dokumentasi (kode yang digunakan terdokumentasi dengan baik)
  • Fitur lainnya (suara, artificial intelligence, koneksi, dll)
  1. Peserta

Simulasi lomba diikuti oleh 18 peserta dari 6 sekolah, yaitu:

No

Nama

Instansi

1 Bima Laksana Putra SMKN 11 Malang
2 Miftachur Rizqi Abdillah SMKN 11 Malang
3 Dinul Rochman SMKN 11 Malang
4 Mohammad Rachmat Ramadhan SMKN 1 Cimahi
5 Esa Firman SMKN 1 Cimahi
6 Tamariska Santilya Manalu SMKN 1 Cimahi
7 M. Abdul Chafidz SMKN 4 Malang
8 Andika Ruly SMKN 4 Malang
9 Hery Kuswandi SMKN 4 Malang
10 Armada NS SMKN 1 Surabaya
11 Muhammad Alfin Fikri SMKN 1 Surabaya
12 Erick Wahyudi Prakoso SMKN 1 Surabaya
13 Maulana Nur Hidayatullah SMKN 5 Malang
14 Andre Gino Kurniawan SMKN 5 Malang
15    SMKN 5 Malang
16    D1 ITB
17    D1 ITB
18    D1 ITB
  1. Catatan Pelaksanaan

Senin, 18 Juni 2012

Pada hari pertama, peserta dari daerah mulai berdatangan, berhubung para peserta berasal dari luar daerah dan kebanyakan memakai transportasi darat dengan waktu tempuh +- 15 jam, dikhawatirkan kondisi peserta tidak fit untuk langsung memulai perlombaan. Selain itu kondisi LKS yang masih sepi karena semua bidang lomba baru mulai technical meeting pada hari itu, bahkan beberapa stand baru memasukkan barangnya, diputuskan pada hari Senin hanya diadakan acara technical meeting bagi peserta.


Setelah technical meeting dilaksanakan, para peserta diminta untuk membuat presentasi mengenai program yang akan dikembangkan selama 3 hari ke depan di hotel. Pada hari pertama peserta diminta untuk membuat aplikasi yang baru, dan tidak mengembangkan aplikasi yang sudah ada.

Eksebisi mengenai JENI 2.0, program D1, D4 dan S2 ITB tetap berjalan seperti biasa. Beberapa pengunjung yang datang menanyakan mengenai LKS untuk bidang lomba JENI. Pada malam hari direktur SEAMOLEC, Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto datang berkunjung ke stand D1 SEAMOLEC.

Selasa, 19 Juni 2012

Hari kedua, peserta datang jam 09.00 untuk memaparkan aplikasi yang akan dikembangkan, urutan maju peserta dengan cara diundi. Setelah semua peserta memaparkan program yang akan dikembangkan, para juri diminta untuk memberikan nilai berdasarkan kriteria penjurian yang telah dibuat.

Tahap selanjutnya adalah tes tulis, dimana tahap ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan dasar peserta, terutama mengenai konsep Object Oriented Programming (OOP). Soal terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 3 soal essay.Tes tulis dikerjakan secara individual dan hasil akhir diambil dari rata-rata nilai peserta lomba dari satu sekolah.

Jam 12.00 peserta dipersilahkan mulai mengembangkan aplikasi mereka. Peserta diberikan buku mengenai pengembangan aplikasi android dan CD yang berisi SDK untuk membantu mereka dalam pengembangan aplikasi. Untuk pengembangan aplikasi, panitia menyediakan 1 device Galaxy tab untuk ujicoba.

Eksebisi tetap berjalan, dengan penambahan Virtual Museum. Booth D1 tetap paling banyak menarik minat pengunjung dikarenakan banyaknya animasi dan produk yang dipamerkan.

.

Rabu, 20 Juni 2012

Peserta melanjutkan pengembangan aplikasi (tidak diperbolehkan melanjutkan pengembangan aplikasi di hotel).

Kamis, 21 Juni 2012

Peserta melanjutkan pengembangan aplikasi hingga pukul 12.00, setelah itu panitia mengumpulkan source code dan file aplikasi untuk dinilai. Pukul 13.00 para peserta mempresentasikan aplikasi mereka di hadapan para juri.

Jumat, 22 Juni 2012

Pengumuman pemenang dilakukan di akhir seminar mengenai program D1, penyerahan hadiah dilakukan oleh Bu Dewi Sopiah dari SEAMOLEC dan Frans Thamura dari Meruvian.

  1. Hasil Kompetisi

Hasil akhir kompetisi, didapatkan 6 aplikasi dan juara 1 – harapan 3 dengan urutan:

Juara 1            : SMKN 1 Surabaya, dengan karyanya Indonesia Tourism Guide

Juara 2         : SMKN 1 Cimahi, dengan karya Mobile Event Application

Juara 3         : SMKN 4 Malang, dengan karya Sistem Absensi Siswa

Juara Harapan 1     : SMKN 11 Malang, dengan karya Pepak Digital

Juara Harapan 2    : SMKN 5 Malang, dengan karya Konverter Digital

Juara Harapan 3     : D1 ITB, dengan karya Kalkulator Digital

  1. Kendala yang Dihadapi
  • Dikarenakan para peserta masih menggunakan laptop masing-masing, panitia mengalami kesulitan untuk mengontrol pengerjaan aplikasi peserta, serta pengerjaan aplikasi tidak dapat dibatasi hanya di area LKS saja.
  • Sumber belajar masih dari internet, peserta diperbolehkan online, disinyalir dapat saja dipergunakan siswa untuk meminta bantuan kepada pihak lain.
  • Form penjurian yang kurang tepat sasaran, dikarenakan hanya dibuat sepihak oleh SEAMOLEC
  • Device yang digunakan untuk ujicoba kurang lengkap, dari 5 device yang dibagikan, hanya terdapat 4 kabel data, sehingga menyulitkan peserta untuk mencoba.
  • Tidak adanya akses poin, menyulitkan peserta yang mengembangkan aplikasi client – server.
  • Beberapa kesalahan perangkat, seperti: LCD yang error, galaxy tab yang kehabisan batrai, kabel listrik yang terputus, dll

  1. Saran
  • Untuk SMK IT (RPL/Multimedia) atau SMA maupun MA yang mempunyai eksul IT/JENI/Android, untuk proaktif menyiapkan siswanya/peserta didik untuk mengikuti lomba JENI dimasa mendatang yang akan diadakan pada LKS 2013
  • Panitia LKS Provinsi/Kabupaten diharapkan dapat memfasiltiasi SMK yang relevan maupun SMA/MA/Masyarakat yang ingin memperdalam kompetensi JENI untuk mengikuti pelatihan di SEAMOLEC, P4TK Malang, maupun Meruvian
  • Industri perangkat lunak untuk berkembang di daerah masing-masing dalam rangka mengembangkan bahan ajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan maupun masuk pasar internasional melalui produk anak-anak SMK/SMA/MA/Masyarakat
  • SEAMOLEC akan melakukan lomba online antar SMK/Kabupaten/Provinsi dan dapat diakui beruba kompetensi/SKS pada beberapa PT yang bekerja sama dengan SEAMOLEC, dan program Insert (ekskul yang terstruktur & terakriditasi) bagi siswa kelas XII
  • Rencana ekskul terstruktur JENI, mulai Agustus s/d Desember 2012 dan Januari 2013 – April 2013 dikoordinir oleh SEAMOLEC.

Screenshot Hasil Aplikasi Siswa

  • Pepak Bahasa Jawa


  • Konverter


  • Mobile Event




  • SABI




  • Indonesia Tourism Guide




Foto Kegiatan


Setup tempat eksebisi dan kompetisi


Peserta mulai berdatangan


Beserta direktur SEAMOLEC


Suasana kompetisi JENI


Penilaian proposal Peserta


Suasana ujian tulis


Pengunjung bertanya mengenai JENI


Presentasi produk akhir peserta


Para pemenang Lomba berfoto bersama

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on June 28, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: