RSS

Put in some little shark to your life

02 Feb

Kemarin sore, tanggal 1 Februari 2011,

Kita semua, mahasiswa AWM dikumpulkan di kampus, untuk diberi briefing masalah KKP, sebagai persiapan karena tanggal 10 kita harus ngumpulin semua tanggungan KKP macem banner, laporan, dan hasil produk

Well, mungkin bagi ane si ga masalah. Dengan segala kelebihan otak ane itu mah kecill (ngeles, padahal laporan KKP pake laporan penelitian SEAMOLEC yang dulu perna dibuat :p)

Tapi mungkin bagi bapak – bapak temen kampus tugas tersebut dirasa agak berat,

Yah memang, karena tugas mereka sehari hari emang ga ada sambungannya ma komputer, ibarat upil ane ma mcD gaplek.

Ga nyambung, belum lagi karena emang pasti mereka udah banyak yang dipikirin, anak, istri, beras, dkk.

Kalo ane mah yang dipikirin baru gimana cara bolos dengan baik dan benar tanpa mengurangi insentif, cara supaya keliatan sibuk padahal bengong doang, si Meggie yang mogok mulu dari minggu kemaren, utang si Kamto yang belon dibayar

Eh, kok malah panjangan pikiran ane? Wkwkwkwk

Intiinya, kemaren pak Rushendra dari AMIK mencoba mengobarkan kembali api api perdjoeangan kepada kita,

Para prajurit mahasiswa AWM-SEAMOLEC yang sudah mulai kehilangan semangat untuk memperjuangkan laporan KKP kita sebagai modal untuk menempuh masa depan yang lebih baik.

Eh, ada mahasiswinya satu ding. Ga usa dianggep lah tapi, ga penting dia.

Kembali ke inti pokok cerita :

Pak Rushendra pun menceritakan pada kami kisah tentang ikan di Jepang dan hiu, Setelah ane search, ikan tersebut jenisnya adalah ikan Seiji.

Jadi alkisah, ada sebuah keluarga nelayan di Jepang sana, dimana tugas mereka adalah memasok ikan seiji segar ke restoran – restoran.

Tetapi mereka mengalami masalah, ikan yang mereka tangkap di tengah laut, kebanyakan sudah tewas saat mereka kembali ke darat.


Tentu saja karena jarak dari tengah laut ke pinggir laut tu lumayan jauh, dan ikan kalau ngga di aer pasti mati,

seperti manusia, kalau ngga ada udara pasti mati (haritz, 2011).

Sang keluarga nelayan pun berpikir, gimana caranya supaya ikan tersebut tetep hidup sampe darat,

Jadi mereka masukkan ikan ikan tersebut ke dalam sebuah kolam kecil yang mereka buat di perahu mereka.

Akibatnya?

Ternyata sama aja, masih banyak yang mati, karena ikan harus bergerak, dan kalau di dalam kolam yang sangat penuh. Maka merekapun jadi mati lemas kekurangan oksigen

seperti manusia, kalau dikumpulkan di satu ruangan penuh, ga ada pintu, ga ada jendela, tapi bukan di lapangan soalnya ada tembok, ngga dikasih minum dan makan, palagi pakai disemprotin baygon, pasti mati (haritz, 2011).

Merekapun berpikir lagi, bagaimana caranya supaya mereka bisa memenuhi satu dasar hukum ekonomi, meraup untung sebanyak banyaknya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.

Dan merekapun mencoba, memasukkan bayi ikan hiu ke dalam kolam tadi

Hasilnya? Jumlah ikan yang mati saat mereka sampai di daratan, jauhh berkurang.

Ikan ikan tadi takut pada sang hiu, lari kesana kemari, sehingga mereka mendapatkan cukup oksigen untuk bertahan hidup.

Manusia, sebenarnya kondisi hampir sama dengan ikan kecil tadi,

Kita sekarang hidup enak, puas dengan kehidupan kita.

Tapi kadang – kadang kita terlalu terlena, menerima apa adanya.

Walaupun sebenarnya kesempatan untuk “hidup” itu ada di depan kita, jika kita mau bergerak.

Karena itulah, mari kita masukkan hiu kecil ke dalam hidup kita, apapun itu.

Jadikan segala sesuatu sebagai tantangan, coba untuk mencapai hidup yang lebih baik.

Tetapi tetap ingat, jangan lupa lihat ke atas, supaya kita tetap jadi hambanya yang bersyukur,

Seperti motto website ini : lihat bawah 3 kali, lalu atas 3 kali😀

Semoga tulisan ni ada manfaatnya buat agan2 sekalian

Terimakasih pak rushendra buat sharingnya

 
Leave a comment

Posted by on February 2, 2011 in Iseng, KKP

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: