RSS

Bab 1 dan dosen pembimbing

15 May

Bab 1 dah kelarr, kemaren jadwal ketemu ma pembimbing tapi gara – gara tugas luar,jadi ga ktemu de

pembimbing saya :

– Bapak Yasin Effendi dari AWM

– Om Prayitno dari SEAMOLEC

mohon bantuannya ya bapak – bapak sekalian

berikut terlampir draft bab 1:

BAB I

PENDAHULUAN

 

II.1          Latar Belakang

Pengembangan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi (ICT) telah merubah pandangan, cara untuk bekerja maupun belajar dan juga implementasinya di lapangan. Ditandai dengan kemunculan istilah-istilah baru dalam pendidikan dan pelatihan yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital maupun elektronik. Beberapa istilah tersebut antara lain : eBooks, e-learning / e-training / e-pedagogy, cyber-campus, termasuk juga game-based learning. Dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran terdapat tiga komponen utama yang harus diperhatikan : komputer, konten, dan komunikasi.

Konten atau material bervariasi, baik dalam bentuk tulisan atau multimedia interaktif sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam bidang pendidikan, komponen konten dan komunikasi harus didesain dan dikembangkan dengan standart tertentu yang telah disetujui oleh para pakar, sehingga menghasilkan paket material atau konten yang dapat dipelajari oleh pelajar. Konten tersebut harus dipastikan dapat diakses dan dimanfaatkan sebagai penunjang proses pembelajaran mereka.

Pembelajaran berbasis permainan merupakan salah satu metode penyampaian materi yang mulai dikembangkan. Dengan menggunakan permainan pembelajaran, siswa diharapkan merasa lebih terlibat dan tertantang untuk menguasai pembelajaran tersebut sehingga pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan dan mudah dimengerti.

SEAMOLEC sebagai lembaga regional yang memfokuskan pada pengembangan kapasitas di area ICT dan juga pendidikan jarak jauh (PJJ), untuk institusi pendidikan, telah mengembangkan beberapa prototipe konten dan sistem penyampaiannya baik berupa permainan edukatif, online course, maupun materi cetak untuk mendukung pengembangan PJJ. Java Education Network ASEAN Research Center (JARC) merupakan sebuah taskforce di bawah SEAMOLEC, dengan misi peningkatan mutu pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis permainan elektronik.

Permasalahan yang timbul seiring dengan makin bertambahnya konten tersebut adalah manajemen permainan yang sering kali terlupakan, mengakibatkan beberapa masalah antara lain: lokasi penyimpanan yang tidak tertata, deskripsi serta spesifikasi permainan yang hilang, tidak tercatatnya pembuat permainan tersebut, serta kesulitan saat mencari produk tertentu. Sehingga dipandang perlu untuk pengadaan sistem repositori yang dapat membantu proses manajemen permainan tersebut, dan berguna sebagai sistem pengaturan produk permainan dari JARC.

Pada Tugas Akhir ini penulis merancang dan mengembangkan sistem  guna melengkapi website JARC dengan sistem manajemen permainan yang sudah ada. Diharapkan modul tersebut dapat membantu JARC dalam manajemen permainan pembelajaran yang telah dibuat.

.

II.2         Tujuan Penulisan

–          Sebagai persyaratan untuk melengkapi tugas akhir program D3 Amik Wahana Mandiri

–          Memberikan alternatif sistem penyimpanan untuk permainan pembelajaran pada website JARC

–          Manajemen permainan produksi JARC agar lebih terkontrol

 

II.3          Identifikasi dan Pembatasan Masalah

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis membatasi permasalahan dalam lingkup:

–       Pembuatan aplikasi sistem informasi manajemen aplikasi permainan di SEAMOLEC.

–       Integrasi sistem informasi tersebut ke dalam website JARC.

–       Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java EE dan database menggunaman MySQL.

II.4          Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah:

–       Bagaimana merancang sistem informasi manajemen permainan edukasi berbasis Java EE dan Mysql di SEAMOLEC?

–       Bagaimana mengintegrasikan sistem informasi tersebut ke dalam website JARC yang sudah ada?

II.5        Sistematika Penulisan

Dalam penyusunan skripsi ini, pembahasan dan penganalisaannya diklasifikasikan secara sistematis ke dalam 5 (lima) bab yaitu:

BAB I              : PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulisan mengemukakan  tentang  Latar Belakang Masalah,  Tujuan Penulisan, Ruang Lingkup, dan Sistematika Penulisan.

BAB II             : LANDASAN TEORI

Bab ini membahas secara singkat teori yang dipakai sebagai landasan dalam perancangan sistem, yang meliputi konsep dasar sistem informasi, pengembangan sistem informasi, Pemrograman Java EE dan My SQL.

BAB III            : ANALISA SISTEM

Dalam bab ini penulis melakukan kajian/analisis terhadap Sistem yang berjalan pada website JARC yang beralamat di http://jarc.or.id, manajemen game yang saat ini dilakukan oleh JARC tersebut, dan kemudian penulis mencoba merancang dalam bentuk Flowchart, DFD, ERD, dan Normalisasi.

BAB IV                       : RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM

Dalam bab ini penulis membuat rancangan sistem baru  terhadap materi yang penulis angkat sesuai dengan judul yang diambil dari data yang diperoleh seperti Rancangan Database, Design Input, Design Output, Rancangan Database Program, Struktur Kode, Spesifikasi Hardware / Software dan Jadwal Implementasi.

BAB V                        : PENUTUP

Dalam bab ini berisikan tentang kesimpulan yang dapat penulis ambil dari penulisan ini, dan saran – saran yang berguna bagi pihak JARC sebagai masukan.

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: