RSS

Aplikasi Permainan Edukatif

18 May

Aplikasi Permainan Edukatif

Berbagai macam media dan metode pembelajaran yang telah diimplementasikan dalam rangka meningkatkan pola pembelajaran sebelumnya, permainan pembelajaran adalah salah satu metode pembelajaran yang tengah dikembangkan. Sifat dari permainan yang mengharuskan pemain untuk mandiri dan aktif, mengerti konsekuensi dalam mengambil keputusan, mengimplementasikan strategi terbaik, serta meningkatkan motivasi dan mendukung pengembangan kemampuan pemainnya[4].

Aplikasi permainan edukatif merupakan salah satu percabangan dari permainan pembelajaran yang merupakan sebuah aplikasi yang telah didesain untuk memiliki konten pembelajaran di dalamnya. Secara umum mereka didesain untuk menyeimbangkan antara permainan dan kemampuan pemain untuk menyerap subjek material yang diberikan.

Permainan seringkali mempunyai elemen fantasi yang membawa pemain ke dalam aktifitas pembelajaran melalui naratif atau alur cerita. Permainan pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan kesadaran mereka tentang hukum sebab – akibat[1].

Perbedaan yang paling mendasar antara permainan pembelajaran dengan permainan komersial adalah bahwa permainan pembelajaran, walaupun ia dapat saja mengandung unsur hiburan didalamnya, tetapi permainan tersebut lebih menonjolkan sisi pembelajaran di dalamnya, seperti mencari informasi, menjawab pertanyaan, mengambil keputusan, dan ujian. Seringkali permainan pembelajaran mengorbankan unsur hiburan demi menonjolkan sisi pembelajaran yang terkandung didalamnya. Permainan komersial merupakan kebalikan dari permainan pembelajaran, ia mementingkan unsur hiburan tanpa tujuan tertentu, walaupun kadangkala terselip unsur pembelajaran didalamnya.

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: