RSS

Sistem Informasi Manajemen

26 May

Seorang penjual, tidak akan berarti tanpa pembeli, begitujuga dengan pembeli tanpa penjual tidak akan dapat melakukan apa-apa. Saat kedua belah pihak ada, dan menyepakati harga maka sebuah transaksi akan dapat dilakukan. Namun dalam kasus jual beli secara online, penjual dan pembeli tidak dapat begitu saja melakukan pembelian dikarenakan kemungkinan penipuan yang sangat besar. Maka dibutuhkanlah sebuah komponen tambahan sebagai perantara dan penjamin terlaksananya transaksi yang menguntungkan kedua belah pihak. Maka terciptalah sebuah system rekening bersama untuk jual beli online.



Sebuah sistem diperlukan agar semua komponen tersebut dapat bergerak secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan, sehingga semua komponen di dalamnya dapat berfungsi dan memberikan manfaat bagi komponen lainnya. Menurut beberapa ahli, sebuah system dapat didefinisikan sebagai:

  • Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan (Ludwig Von Bartalanfy)
  • Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain(Anatol Raporot)
  • Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya (L. Ackof)

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah sistem merupakan suatu kesatuan dari komponen-komponen atau sub-sistem
yang saling berinteraksi demi tercapainya suatu tujuan. Setiap komponen pada sebuah sistem sangat bergantung pada komponen lainnya, jika salah satu fungsi sistem tidak berfungsi, maka komponen yang lain akan terkena imbasnya.

Berdasarkan komponennya, sistem dapat dibagi menjadi dua, yaitu sistem abstrak dan sistem fisik. Sistem abstrak merupakan sebuah sistem dimana komponen yang terdapat di dalamnya tidak memiliki bentuk. Contoh sebuah system abstrak adalah sebuah system yang terbentuk dari pemikiran-pemikiran dan tidak nyata, seperti misalnya sistem pertimbangan dosa dan pahala.

Sistem Komputer merupakan contoh sebuah sistem fisik. Dimana di dalamnya terdapat berbagai komponen yang saling bekerja bersama untuk mencapai sebuah tujuan. Keyboard akan menangkap input anda, mengirimkannya kepada bagian pemroses di prosesor dan memori, kemudian menampilkan outputnya di layar.

Setiap komponen di dalam sistem komputer ini merupakan sebuah sub-sistem, sebagai contoh pembaca CD. Setelah CD yang ingin dibaca diletakkan di dalamnya, mata optik akan menembakkan sinar laser untuk membaca data, namun jika CD tersebut tidak akan terbaca jika CD tersebut tidak bergerak, maka motor akan menggerakkan CD tersebut sehingga data dapat terbaca dan dikirimkan ke sistem pemroses, sebuah sub-sistem lainnya dari sistem komputer.

Sebuah sistem yang bertujuan untuk mengolah sebuah data dari bentuk mentah, menjadi bentuk yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan selanjutnya, disebut dengan sistem informasi. Sistem informasi terdiri dari tiga bagian utama, yaitu proses masukan data (input), proses pengolahan data(throughput), dan keluaran (output). Dari sebuah data yang masih belum memiliki arti, kemudian diproses dalam sebuah sistem sehingga menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil tersebut akan menghasilkan data baru untuk dimasukkan ke dalam system. Perputaran arus informasi tersebut disebut dengan siklus informasi.


Proses pengolahan tersebut bertujuan untuk memperoleh informasi berkualitas, yaitu informasi yang:

Akurat, informasi yang dihasilkan haruslah bersifat benar dan tidak mengandung kesalahan – kesalahan yang dapat menyesatkan pengambil keputusan.

Tepat waktu, informasi yang dihasilkan haruslah tepat waktu, informasi yang tidak disampaikan tepat waktu dapat menjadi informasi yang tidak berguna dan tidak dapat dimanfaatkan sama sekali.

Relevan, informasi yang dihasilkan haruslah sesuai dengan kebutuhan penerimanya, sebuah informasi yang sangat berharga bagi seseorang dapat saja menjadi informasi yang tidak berguna bagi orang lainnya.

Sistim Informasi Manajemen merupakan sebuah system atau sebuah proses yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengaturan secara efektif (http://www.occ.treas.gov/handbook/mis.pdf). Menurut sumber lain, system informasi manajemen adalah sebuah aplikasi dari konsep sistem informasi terhadap pengumpulan, penyimpanan dan diseminasi informasi untuk perencanaan manajemen dan pembuat keputusan (O’Brien, 2010).

Tujuan utama dari pembuatan sebuah Sistem informasi manajemen adalah :

  • Meningkatkan komunikasi di antara pekerja
  • Menyampaikan materi ke seluruh bagian institusi
  • Menyediakan sistem untuk penyimpanan dan pengambilan informasi
  • Mengurangi biaya untuk pekerjaan manual
  • Mendukung pencapaian tujuan perusahaan

SIstem informasi merupakan kumpulan dari beberapa system informasi yang bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan dan menyediakan informasi yang diperlukan bagi semua tingkat manajemen guna pengambilan keputusan dan pengendalian. Bagi tingkat manajemen tinggi, system informasi berguna untuk mengambil keputusan strategis. Untuk tingkat manajemen lainnya, system informasi manajemen memastikan aktifitas institusi termonitor dan informasi terdistribusi ke semua lapisan dan pelanggan.


Model Sistem Informasi untuk semua tingkat manajemen

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: