RSS

Karakter Obyek WIsata Pantai Jawa Barat

11 Jul

Pantai merupakan sebuah bentuk daratan secara geografis di sepanjang garis daratan yang berbatasan dengan lautan maupun samudra. Pantai umumnya terdiri dari campuran beberapa batuan, seperti pasir, kerikil, dan sedimen lainnya. Bahan penyusun pantai juga seringkali berasal dari makhluk hidup, seperti pecahan cangkang mouska atau pecahan terumbu karang. Menurut para ahli, pantai adalah jalur sempit daratan pada pertemuan dengan laut, meliputi daerah di antara garis air tinggi dan garis air rendah (CERC, 1984). Sementara peneliti lainnya mengungkapkan bahwa pantai adalah jalur daratan yang membatasi tubuh perairan, baik daratan itu berupa batuan padu ataupun sedimen lepas (Komar, 1976).

Shepard (King, 1972) mengelompokkan pantai menjadi 2 kategori, yaitu pantai primer dan pantai sekunder. Pantai primer lebih banyak dikontrol oleh proses-proses darat atau terestrial, seperti : erosi, deposisional, vulkanik dan diastrofisma; sedangkan pantai sekunder merupakan pesisir utama yang terutama dibentuk akibat aktivitas organisme seperti pembentukan terumbu dan akibat proses marin atau aktivitas gelombang. Dengan mendasarkan proses tersebut, maka Shepard menggolongkan pantai menjadi 7 bagian, yaitu: pantai erosi darat, pantai pengendapan darat, pantai gunung api, pantai struktural, pantai erosi gelombang, pantai pengendapan laut dan pantai organik.

Setelah dilakukan survey lapangan, dapat diketahui bahwa di Jawa Barat terdapat 4 jenis pantai, masing-masing: (a) Pantai gunungapi, (b) Pantai Organik, (c) Pantai pengendapan laut, (d) Pantai pengendapan darat. Jenis pantai gunungapi merupakan dominan di kawasan Jawa Barat bagian Selatan, dengan persebaran pelabuhan ratu ke arah barat hingga sekitar Malingping; sebelah barat Tanjung punto hingga Ujung Kulon; sekitar tanjung Sodongbarat serta sebelah timur Ujung Genteng.

Tipe pantai organik berlokasi di Tanjung Pantowilayah Kecamatan Malingping. Pantai organik ini terbentuk dari materi bintang laut (terumbu karang). Gelombang laut yang terjadi di wilayah pantai ini tergolong kecil. Pantai dibentuk oleh organisme laut, bewarna keputihan, dan diselang-seling oleh bongkah organisme laut yang sudah membatu.

Obyek wisata pantai di Jawa Barat baru beberapa yang sudah terkenal di dunia pariwasata, dimana kebanyakan merupakan pantai yang berdekatan dengan Jakarta, seperti pantai Ancol, kepulauan seribu dan pantai Anyer. Obyek wisata pantai yang terkenal lagi adalah pantai Pangandaran, dan Green Canyon nya.

 

  • CERC (Coastal Engineering Research Center), 1984, Shore protection manual, Vol 1, Dept. of Army, Washington, D.C.
  • Komar, P.D., 1976, Beach Processes and Sedimentation, pretince-Hall Inc., Englewood Cliffs
 
Leave a comment

Posted by on July 11, 2011 in Iseng

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: