RSS

Web 3D technologies

13 Nov

Bagi saya 3D merupakan sebuah loncatan dalam dunia grafis komputer, teknologi 3d memungkinkan visualisasi yang lebih nyata dan membuka kemungkinan ke berjuta fitur-fitur yang tidak mungkin disediakan oleh visualisasi 2D. teknologi web 3D pertama kali dikembangkan oleh Silicon graphics pada 1997 http://www.leavcom.com/ieee_sept06.htm, namun karena keterbatasan teknologi pada saat itu, teknologi ini kurang begitu dianggap.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya pada hardware, memungkinkan teknologi 3D mencapai level selanjutnya, dimana visualisasi dari grafis sudah sangat menyerupai asli. Perkembangan 3D mencapai puncaknay pada tahun 2000, baik dalam dunia game maupun komersial. 3D telah digunakan dimana-mana, baik dalam dunia sinematografi, game, komersial, dll. Dalam dunia web, aplikasi 3D baru baru saja dikembangkan dan dimanfaatkan.

Pada umumnya, aplikasi web 3D membutuhkan plugin untuk menjalankannya, baik itu dalam format flash, unity, maupun berbagai format 3D lainnya.

Berikut adalah contoh dari unity web 3D:

Unity : http://unity3d.com/gallery/live-demos

Butterfly fullscreen mode :

Namun telah dikembangkan juga, webGL, dimana dimungkinkan penampilan 3d tanpa memerlukan adanya tambahan plugin. WebGL didasarkan pada OpenGL sehingga mempermudah bagi para pengembang untuk melakukan migrasi dari standart openGL ke webGL.

Hampir semua browser terbaru saat ini telah dilengkapi fitur untuk dapat menampilkan format webGL seperti firefox 4.0, chrome terbaru, opera 11, serta safari untuk mac os x 10.6

Contoh webGL :

Film interaktif : http://www.ro.me

Menurut saya, keunggulan dari game yang dikembangkan untuk web dengan plugin (unity, flash) saat ini telah memiliki editor yang sangat mumpuni, dimana terdapat tutorial yang lengkap, beserta error logging yang mumpuni. Sedangkan di webGL masih minim fitur2 pengembangannya, walaupun sudah ada juga yang model GUI semacam copperlich.

Teknologi 3D, yang sampai saat ini masih misterius bagi saya😀. maklum orang gaptek, masih ngga ngerti tentang openGL dll. Tetapi dapat dilihat potensi dari 3D web ini, dikarenakan saat ini hampir semua aplikasi sudah bersifat aplikasi web, sehingga dapat dimanfaatkan oleh lebih banyak orang, tanpa terlalu banyak instalasi, dan bersifat instan. Pemanfaatan dari 3d web ini termasuk game, virtual reality, animasi, film interaktif, kedokteran, dan banyak lainnya.

 
Leave a comment

Posted by on November 13, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: