RSS

Curug Malela – Mini Niagara di Bandung Barat

08 Dec

Curug Malela terletak di Kabupaten Bandung barat, tepatnya di Kecamatan Rongga. Curug ini memiliki lebar 50 meter dan tinggi 60 – 70 meter. Bermula dari ketidaksengajaan membuka sebuah artikel di internet yang menceritakan tentang sebuah curug yang disebut-sebut sebagai niagaranya Indonesia, terus liat poto-potonya. Bikin kebelet dehh, walaupun akhirnya rada sembuh juga kebeletnya gara-gara liat berita orang ilang disana. Belum lagi cerita dari suhu xcd aki kalo musim kemarau aja jalannya ekstrik, air terjunnya juga bisa bikin hanyut, ntu musim kering lo, palagi kalo tiap hari hujan kayak sekarang.

Tapi akhirnya nekat aja deh, kalo ada tantangannya kan lebih “greget”. Diajaklah teman-teman yang katanya ribut mau liburan bareng. Ribuan rayuan dan promosi pun dilancarkan, hasilnya? Nihil. Ribet banget ngajakin orang banyak. Akhirnya jadilah peserta perjalanan ini duet maut maho plesiran. Harit dan Pipo, sodara seperguruan ane. Inilah enaknya komunikasi antar sodara seperguruan. Tawarin, “dolan yuk?”, balesannya “budhall”. Gag pake ribet😀

Rencana rute 68KM:

https://maps.google.com/maps/ms?ie=UTF8&msa=0&msid=100794855651981554385.00047992787818f2d8bd2&ll=-6.994585,107.205963&spn=0.222521,0.308647&z=12

Perjalanan dimulai hari sabtu jam 7.30 pagi, start dari kos di plesiran raya. Perjalanan dari plesiran – gunung batu macet seperti biasa. Kemudian muter di bawah fly over dan belok kiri ke jalannya SMKN 1 Cimahi (paling susah ngapalin nama jalan euy >.<) disini juga sama aja macett dengan ditambahi truk truk gwedhe yang ngabisin jalan. Nah, gara-gara kita ga pake GPS, nyasarlah kita ke Nanjung, melenceng dari rute yang direncanakan yaitu jalan kharkhof à batujajar, nambah jarak +- 10 km. disini juga macet gara-gara trek dan pasar, belum apa-apa udah pegel aja nih tangan.

Tetapi semua berubah setelah negara api kita sampai di Cililin, setelah mampir indomart sebentar kita melanjutkan perjalanan. Jalan raya cililin, Jalan yang sepi, muluss, hawa yang sejuk dan pemandangan bukit serta sawah di kanan kiri, merupakan pengalaman yang paling berkesan bagi para penyupir motor (bener ndak? :D) oh iya, pom bensin terakhir hingga curug malela ada di jalan raya cililin sebelum gununghalu, setelah itu hanya pom bensin eceran saja.

Masuk ke desa gununghalu, ngeliatin poster2 CAKADES minta dicoblos, “nothing to do here” langsung lanjutt ke arah bunijaya, jalan di gununghalu raya ini berkelok-kelok dan kondisi bervariasi, kadang mulusss kadang bopeng-bopeng karena masih banyak truk yang lewat disini. Tapi pemandangannya tetep dijamin, cakeppp beut

Setelah memasuki kebun the rongga, anda akan menemukan jalan yang unik, karena jalan ini diapit oleh deretan pohon yang luar biasa tinggi. Sayang kurang tahu nama pohonnya, berhenti dulu deh buat poto-poto di situ

Kecilnya..

Mikirin seseorang di pancoran..

4 KM terakhir, merupakan jalan yang sangat berkesan buat pemotor yang pernah kesini, buat yang ngga bawa motor pasti kagum-kagum sama tukang ojeknya dan ngga jadi mikir kalau ojek 75rbu buat 4km itu mahal. Monggo dicek aja jalannya lewat foto ya, yang pasti, kalau berhasil lewat sini. Dijamin skill riding anda akan meningkat. Palagi kalo musim hujan

Stage 1 : jalan beletong (Malela Drift)

Stage 2 : jalan berbatu (gruduk gruduk gruduk grodyak) bunyinya pulsar + box e45 ane

Setelah semua stage terlewati, setelah perjalanan 80km, setelah 3 ½ jam berlalu. Sampailah kita di…
PARKIRANNYA MALELA!! (masi harus jalan lagi ternyata >.<)

Setelah jalan +- 500 li, tampaklah curug malela di kejauhan sana, kebesarannya udah bisa dilihat dari atas bukit, malela oh malela, betapa kuinginkanmu… tapi setelah difoto.. yah, kok keliatannya imut banget gitu ya >.<

Tempat parkir motor

Curug dari jauh

Perjalanan mencari malela pun diteruskan. Mendaki gunung, menyusuri lembah, sungai mengalir indah, tidak tau samudra sebelah mana. Sampailah kita di CURUG MALELA!!
-to be continued

-Sambungannya

Ok!! Curug Malela

Kesan pertama :

  • Betapa perjalanan ini sama sekali tidak sia-sia, macet2an, offroad 4KM, jalan kaki naik turun bukit… semuanya kerasa ngga ada apa-apanya kalau sebagai ongkos buat ngelihat yang kayak gini
  • Kecil, badan gedhe gini tapi tetep ngerasa kecill banget di depan malela ini. Foto ini diambil dari jarak yang lumayan jauh dari air terjun)
  • Serem, debit airnya banyak banget, banyak poin-poin yang dalem dan arus airnya emang kencengg banget, jalan di air sedengkul aja udah keseret-seret. Ngga heran kalau emang ada orang yang ilang disini.

Ngga berani lama-lama di curug, takut ilang juga euy.

Turun gampang, naiknya ke parkiran lagi sodaraaaa, siapkan napas anda. Jangan lupa aer minum jangan diabisin dibawah.

Setelah sampe diparkiran, makan dulu di warungnya, terus lanjut pulang deh. Offroad lagi😀.

oh iya, buat curug malela ini masuknya GRATIS!!, Cuma parkir aja 2000, helm titipin ke warung.

Perjalanan pulang didera sedikit hujan, tapi gag masalah ada jas hujan.. ngengg ngengg

Sampe deh di istana plesiran, jam menunjukkan pukul 16.00,

Perjalanan kali ini:

  • Jarak tempuh     : total 155 KM
  • Bensin         : 20 rbu premium
  • Tiket        : 2000 (parkir)

Tips :

  • Beli jajan dulu buat di makan di curug, indomart terakhir ada di gununghalu
  • Berkunjung pada bulan-bulan kering, debit air harusnya lebih sedikit, sehingga bisa lebih deket ke curug, akses ke sana jalan anti bletok, dan curug juga lebih bening (musim hujan bewarna coklat)
  • Bawa pasangan, sepet banget kalo bawa maho
  • Bawa pulang sampah, udah lumayan banyak sampah ditinggalin ma orang-orang disana. Buat yang buang sampah sembarangan disana “KAMPRET!!”
 
2 Comments

Posted by on December 8, 2012 in Uncategorized

 

2 responses to “Curug Malela – Mini Niagara di Bandung Barat

  1. diyah laily

    December 10, 2012 at 10:53 am

    penasaran pengen liat langsung curugnya…
    yg nulis ni sempet juga mikirin patung pancoran sambil sendenan ke motor. hahaha😀

     
  2. Yosua Risandy

    April 16, 2016 at 12:22 pm

    gk ajak2

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: