RSS

Pengalaman Mengurus SKCK CPNS

04 Sep

Masih tidak dapat dibantah, walaupun jaman sekarang udah banyak sekali seminar tentang kewirausahaan, omongan orang-orang tentang bisnis, masih banyak juga orang yang berminat untuk menjadi PNS. Apalagi mindset kebanyakan orang tua yang berpikiran bahwa PNS = hidup terjamin, kerja nyantai dsb.

Sehingga tidak heranlah, ketika baru ada informasi mengenai pendaftaran CPNS, ribuan orang langsung berebut bertanya-tanya mengenai informasi mengenai prosedur pendaftaran, dll.

Salah satu persyaratan dari pendaftaran CPNS adalah SKCK, yang menandakan bahwa Anda itu orang baik dan bukan raja rampok atau tukang begal.

Dokumen yang perlu dipersiapkan:

  • Foto ukuran 4 X 6, yang dibutuhkan 4 lembar, tapi buat jaga-jaga kalau ketlisut, print aja 5 – 6 lembar. background terserah, pose dan pakaian yang sopan ya..
  • Fotokopi KK 2 lembar,
  • Fotokopi KTP 2 lembar
  • Pengantar dari RT/RW

Oke, untuk langkah-langkahnya, ini yang saya ikuti, setelah baca-baca di internet ternyata sangat bervariasi, dan ada cara yang lebih mudah. Mungkin berbeda di tiap daerah? (CMIIW)

Langkah 1: Surat pengantar RT

Yang pertama harus dilakukan adalah nyambangi ketua RT/Sekretaris RT, bilang aja minta surat pengantar untuk pengurusan SKCK. Nanti beliau akan meminjam KK dan KTP untuk penulisan di surat pengantar tersebut.

Langkah 2: TTD pak RW

Setelah dapet surat pengantar dari pak RT, waktunya nyambangi pak RW. Disini pak RW akan menambahkan TTD nya ke surat pengantar yang kita peroleh dari RT.

Langkah 3: Surat pengantar kelurahan

Kalau dari pak RW sudah dapet, silahkan langsung pergi ke kelurahan, tanya aja disana dimana bagian pengurusan surat pengantar SKCK. Disini petugas meminta 1 Fotokopi KK dan KTP, serta surat pengantar dari RT dan RW. Semua dokumen tersebut akan ditukar dengan surat pengantar dari kelurahan, yang kalo versi ane, harus dapet pengesahan dari camat dan polsek

Langkah 4: TTD Pak Camat

Disini gag ribet, sudah ada plang gwede, pengurusan SKCK. Tinggal berikan dokumen yang diterima dari pak Lurah (kasih map ya, biar rapi), tunggu beberapa saat, jadi deh.

Langkah 5: TTD Polsek

Nah, berdasarkan beberapa posting yang dibaca, polsek sebenarnya juga bisa mengeluarkan SKCK, tapi sewaktu ditanya sama ibu-ibu yang ngurus, “untuk CPNS”, langsung dittd dan diminta untuk pergi ke polres

Langkat 6: Pengurusan di polres

Nah, disini proses yang paling melelahkan. TS datang jam 8 kurang 15 menit, dan ternyata sudah banyak sekali pengantri yang ingin mengurus SKCK. Sampai jam 8 kok masih belum buka ya kantor SKCK nya, padahal tulisan jam pelayanan 08.00 – 13.00 terpampang gedhe di pintu. Jan wong indonesia, gag masyarakat gag polisi podo ngaret kabeh.

Jam 08.30 akhirnya kantor buka, dan keliatan kalo kantor SKCK ini jarang melayani orang banyak. Gag ada antrian, akhirnya semua orang saling serobot, bodi-bodian. Orang tumplek blek di satu ruang kecil, Buat naruh berkas aja udah perjuangan.

Intinya proses di polres -> taruh berkas (FC KK, KTP, foto 4 lembar, surat keterangan dari lurah) di meja pendaftaran -> dipanggil, dikasih form -> mengisi form (tebel banget) -> proses sidik jari (diambil 10 jari) -> mengembalikan form.

Karena ramenya hari pertama ini, proses memerlukan waktu sekitar 3 jam. Terus sama petugas diminta untuk kembali hari Jumat.

Setelah itu tinggal mengambil deh, dan pengambilan juga boleh diwakilkan. Waktu mengambil jangan lupa untuk fotokopi dan legalisir sekalian ya J

Tapi waktu pulang, ngeliat tanda bahwa sebenarnya pengurusan skck malang sudah ada sistem onlinenya di www.resmalangkota-skck.com/p/skck-online

Kapan-kapan kalau butuh lagi dicoba deh

 

Semoga bermanfaat infonya J

 

 
Leave a comment

Posted by on September 4, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: