RSS

SMAN 3 Malang – Progres minggu pertama

17 Sep

Sunday, 15 September 2013

Hari Pertama
pukul 08:00 am wib tanggal 09 sept 2013 kita hubungi koordinator untuk sman 3 malang bahwa kita hendak magang di tempat tersebut dengan ketentuan mengajar tentang pembuatan buku digital. Dari situ kita mendapatkan jam, yakni pukul 01:00 am untuk bicara kelanjutannya. Pukul 12:00 am kita datang ke sman 3 malang untuk bertemu dengan koordinator dan pukul 01:00 am tepat kita bertemu dengan beliau dan bicara seperti yang telah disepakati sebelumnya. pihak sman 3 malang cukup antusias sehingga staff humas, ketua humas, kepala sekolah, koordinator, ikut serta dalam bicara ini untuk bagaimana kelanjutan dari metode pembelajaran. staff humas menyarankan untuk selasa esok langsung memberikan pengenalan tentang buku digital kepada 3 pengajar yakni untuk guru bahasa inggris, matematika dan bahasa indonesia. dari situ kita sepakat bahwa jadwal dinamis dari sman 3 malang karena padatnya jadwal yang ada di sma tersebut. 1 jam lebih pembicaraan berlangsung dan pukul 02:40 am kita dipersilahkan untuk pulang dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk materi besok…
pukul 10:00 pm kita mendapatkan informasi bahwa jadwal mengajar adalah pukul 10:am wib 10 sept 2013, serta mengkonformasi bahwa guru yang dapat menghadiri hanya guru bahasa inggris sedangkan yang lainnya memiliki jadwal mengajar yang penuh.

Hari kedua
pukul 09:00 am wib tanggal 10 sept 2013 kita datang ke sman 3 malang dan pukul 09:30 kita sampai disana. pada hari sebelumnya kita melakukan bicara dengan beberapa rekan untuk dapat membantu pengajaran apabila diperlukan dan dari situ 2 teman mengkonfirmasi bahwa mereka sanggup membantu. 30 menit menunggu, pukul 10:00 am kita bertiga langsung memberikan pengenalan tentang buku digital hanya kepada satu guru yakni bahasa inggris secara bergantian. 30 menit belangsung guru telah menerima dengan baik tentang buku digital yang sehingga pengajaran dilanjutkan ketahap kedua yakni praktek pembuatan buku digital. dari sini kita bagi tugas untuk kedua rekan memberikan pembelajaran secara bertahap dan yang lainnya menjelaskan langkah-langkahnya. 1 jam berlangsung guru sudah kami nyatakan bisa membuat buku digital.
dari kesepakatan awal kita telah setuju dengan 2 dalam sekali pertemuan.
dari 1 setengah jam berlangsungnya pengenalan dan praktik pembuatan buku digital guru telah menyatakan mengerti. dari sisa waktu yang ada yakni 30 menit kami lakukan uji coba dengan test untuk guru tersebut membuat buku digitalnya sendiri secara sederhana dan tanpa intruksi dari kita,  setelah waktu yang ditentukan selesai ternyata guru tersebut juga berhasil membuat buku digitalnya sendiri dengan baik.
selanjutnya kami akhiri pertemuan pertama dan kembali kerumah untuk menyiapkan materi ajar untuk animasi. pelajaran animasi ini adalah request dari guru tersebut karena ketertarikannya terhadap animasi 3 dimensi pada awal pertemuan awal tentang pengenalan buku digital.

Hari ketiga
pukul 07:00 am wib tanggal 11 sept 2013 kita meminta kejelasan jadwal untuk pertemuan ketiga. setelah beberapa menit menunggu kaita mendapatkan konfirmasi bahwa jadwal mengajar adalah pukul 10:00 am. untuk pertemuan kedua ini salah satu teman kita mengkonfirmasi bahwa tidak bisa mengikuti pengajaran karena sedang ada jadwal mengajar disekolah tempat dia magang. pukul 09:00 am kita kembali datang ke sman 3 malang dan 09:45 kita sampai di sekolah. pukul 10:00 am kita langsung memulai pengenalan untuk aplikasi blender, animasi 3 dimensi. 30 menit berlangsung guru terlihat cukup antusias akan animasi yang kami perkenalkan. setelah pengenalan kita nyatakan selesai kita lanjutkan ke praktik pembuatan animasi dengan aplikasi blender. 1 setengah jam berlangsung ternyata guru tersebut terlihat kesusahan dan akhirnya kami nyatakan bahwa untuk animasi tidak cukup dengan satu pertemuan. 2 jam pengenalan dan pembelajaran tentang animasi 3 dimensi kami rasa tidak cukup sehingga kita minta untuk pertmuan selanjutnya masih pada pembelajaran tentang animasi dengan blender.
9 materi ajar dari guru bahasa inggris pun diberikan kepada kita untuk selanjutnya dibuatkan buku digital.

Hari keempat
pukul 07:00 am wib tanggal 12 sept 2013 kita dikonfirmasi bahwa untuk pertemuan ketiga ditunda sampai menunggu informasi selanjutnya besok. maka untuk saekarang kita fokuskan untuk mempelajari model serta membuat buku digital untuk mata pelajaran bahasa inggris.

Hari kelima
pukul 07:00 am wib tanggal 13 sept 2013 kita dikonformasi ulang untuk kejelasan sebelumya, yaitu untuk pertemuan ketiga ditunda kembali dan digantikan dihari sabtu pukul 10:00 yang akan diikuti beberapa guru yakni : guru bahasa inggris tingkat 10, guru bahasa inggris tingakat 11, guru matematika dan guru bahasa indonesia. namun untuk hari jumat kita membantu pembelajaran untuk rekan kita di smpn 22 malang selama 2 jam yang juga hanya diikuti satu guru, seni dan budaya.

Hari keenam
pukul 09L30 am wib tanggal 14 sept 2013 kita langsung ke sekolah dan pukul 10:30 am kita memulai pembelajaran kepada empat guru. karena tiga guru lainnya belum pernah mengikuti pembelajaran pembuatan buku digital maka kita putuskan untuk mengulang dari pengenalan sampai dengan praktik pembuatan buku digital menggunakan sigil. 30 menit awal kita terangkan kembali tentang buku digital dan 1 stengah jam selanjutnya praktik untuk pembuatan buku digital. karena beberapa guru sudah bukan muda maka pembelajaran membutuhkan waktu yang lebih sampai semua guru faham.
beberapa kendala untuk hari ini adalah guru berdatangan secara tidak teratur karena kendala jam mengajar yang tidak bersamaan. jadi kita terpaksa menjelaskan secara berulang untuk guru yang terlambat mengikuti pembelajaran. semua peserta yang mengikuti pembelajaran sangat antusias dan mengharapkan semua guru segera dapat mengetahui bagaimana pembuatannya serta implementasi secara nyata di terapkan kepengajaran sman 3 malang.

Progres Laporan
dari 9 materi ajar yang diberikan telah 9 kita selesaikan untuk buku digital nya. untuk berbaikan website telah ada vendor yang menangani sehingga kita hanya memberikan materi mengenai digital book

http://maarifrochman.blogspot.com/2013/09/sman-3-malang-progres-minggu-pertama.html

 
Leave a comment

Posted by on September 17, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: